dakwahsunnah.com

radiorodja.com

1. Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam bersabda: "Apabila seorang laki-laki berkunjung kepada saudaranya yang muslim, maka seakan-akan dia berjalan di kebun Surga hingga duduk. Apabila sudah duduk, maka dituruni rahmat dengan deras. Apabila berkunjung di pagi hari, maka tujuh puluh ribu malaikat akan mendoakannya, agar mendapat rahmat hingga sore. Apabila berkunjung di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat akan mendoakannya agar diberi rahmat hingga pagi."

HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad dan lihat Shahih Ibnu Majah 1/244 dan Shahih At-Tirmidzi 1/286. Ahmad Syakir menyatakan, bahwa hadits tersebut adalah shahih.

2. Doa Kepada Orang Sakit 1

لاَ بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Laa ba'sa, thohuurun in syaa-allaah.

Tidak apa-apa (jangan terlalu bersedih dengan sakit ini), menjadi pembersih dosa, insyaaAllah.

HR. Bukhari 3616.

Keterangan:

• Doa ini dibaca oleh orang yang menjenguk di dekat si sakit.
• Ketika sakit menjawab: Amin.

Hadits selengkapnya:
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjenguk orang badui yang sedang sakit. Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu, mengatakan: Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam punya kebiasaan ketika menjenguk orang sakit maka beliau mengucapkan: (doa di atas).


3. Doa Kepada Orang Sakit 2

أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَظِيْمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As-alullaahal 'azhiim, robbal 'arsyil 'azhiim, an yasyfiyaka (7x).

Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung, Pemilik arsy yang agung, agar Dia menyembuhkanmu (7x).

HR. At-Tirmidzi, Abu Dawud, dan lihat Shahih At-Tirmidzi 2/210 dan Shahihul Jami' 5/180.

Keterangan:
Doa ini dibaca oleh orang yang menjenguk orang sakit, di dekat si sakit. Boleh dibaca agak keras sehingga si sakit ikut mendengar, boleh juga dengan suara pelan.

Keutamaan:
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Siapa yang menjenguk orang sakit, yang belum datang ajalnya, kemudian dia membaca doa ini di dekatnya sebanyak 7x, maka Allah akan menyembuhkannya dari penyakitnya itu.


4. Doa Kepada Orang Sakit 3 (Ruqyah Jibril)

بِسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ، مِنْ كُلِّ شَئٍ يُؤْذِيكَ، مِنْ شَرِّ كُلِّ نَفْسٍ أَوْ عَيْنٍ حَاسِدٍ، اَللَّهُ يَشْفِيكَ، بِسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ

Bismillaahi arqiika, min kulli syai-in yu'dziika, min syarri kulli nafsin au 'ainin haasidin, allaahu yasyfiika, bismillaahi arqiika.

Dengan nama Allah aku meruqyah-mu, dari semua yang menyakitimu, dari kejahatan setiap jiwa dan mata hasad, semoga Allah menyembuhkanmu, Dengan nama Allah aku meruqyah-mu.

HR. Muslim 2186, Turmudzi 972, Ibn Majah 3523.

Keterangan:
Doa ini dibaca oleh orang yang menjenguk kepada si sakit.

Hadits selengkapnya:
Dari Abu Said al-Khudri radhiyallahu 'anhu, beliau menceritakan: Jibril datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, kemudian bertanya: "Wahai Muhammad, kamu sakit?" Beliau menjawab: Ya. Kemudian Jibril membaca: (doa di atas).


5. Doa Kepada Orang Sakit 4

اَللَّهُمَّ اشْفِ عَبْدَكَ يَنْكَأُ لَكَ عَدُوًّا، أَوْ يَمْشِي لَكَ إِلَى صَلَاةٍ

Allaahummasyfi 'abdaka yanka-u laka 'aduwwan, au yamsyii laka ilaa sholaah.

Ya Allah, sembuhkanlah hamba-Mu ini, dia yang melawan musuh-Mu, dan dia berjalan menuju shalat jamaah karena-Mu.

HR. Abu Daud dan dihasankan Al-Hafidz Ibn Hajar.

Hadis:
Dari Abdullah bin Amr bin Al-'Ash radhiyallahu 'anhuma, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Apabila ada seseorang yang hendak mengunjungi orang sakit, maka hendaknya dia membaca: (doa di atas).

Keterangan:
Dalam doa yang diajarkan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ini, terdapat unsur tawassul kepada Allah. Kita memohon kepada Allah agar menyembuhkan saudara kita yang sedang sakit, dengan menyebutkan amal shaleh orang tersebut. Ya Allah, dia orang baik, yang memiliki kebiasaan berjihad dan shalat jamaah. Andaikan tidak karena sakitnya, dia akan melakukan amalan itu. Inilah salah satu bentuk tawassul yang sesuai syariat.


Dibagikan melalui aplikasi "Apa Doanya". Tersedia untuk Android, BlackBerry 10, Windows Phone/Desktop, Windows 10, Nokia X, Firefox OS dan BlackBerry OS 6-7. Unduh di http://wp.me/p3ieiY-b

0 komentar:

 
Top