dakwahsunnah.com

radiorodja.com

1.  Doa Istiftah 1

اَللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِيْ وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ، اَللَّهُمَّ نَقِّنِيْ مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، اَللَّهُمَّ اغْسِلْنِيْ مِنْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ

Allaahumma baa'id bainii wa baina khothooyaaya kamaa baa'adta bainal masyriqi wal maghrib. Allaahumma naqqinii min khothooyaaya kamaa yunaqqots-tsaubul abyadhu minad-danas. Allaahummaghsilnii min khothooyaaya bil maa-i wats-tsalji wal barod.

Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahan-kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan-kesalahanku sebagaimana baju putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah aku dari kesalahan-kesalahanku dengan air, salju dan air es.

HR. Al-Bukhari no. 744 dan Muslim no. 1353, dari Abu Hurairah.

Rasulullah biasa mengucapkan doa istiftah ini dalam shalat fardhu.

Dalam hadits lain (HR. Al-Bukhari 1/181 dan Muslim 1/419), bagian belakangnya sedikit berbeda:

بِالثَّلْجِ وَالْمَاءِ وَالْبَرَدِ

bits-tsalji wal maa-i wal barod.

… dengan salju, air dan air es.


2.  Doa Istiftah 2

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، وَتَبَارَكَ اسْمُكَ، وَتَعَالَى جَدُّكَ، وَلاَ إِلَـٰهَ غَيْرُكَ

Subhaanakallaahumma wa bihamdika, wa tabaarokasmuka, wa ta'aalaa jadduka, wa laa ilaaha ghairuk.

Maha Suci Engkau ya Allah, aku memujiMu, Maha Berkah akan nama-Mu, Maha Tinggi kekayaan dan kebesaranMu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau.

HR. Empat penyusun kitab Sunan, dan lihat Shahih At-Tirmidzi 1/77 dan Shahih Ibnu Majah 1/135.



3.  Doa Istiftah 3

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ

Alhamdulillaahi hamdan katsiiron thoyyiban mubaarokan fiih.

Segala puji bagi Allah, pujian yang banyak, baik, lagi berberkah.

HR. Muslim no. 600.

Dari Anas radhiallahu 'anhu dia berkata: "Bahwa seorang laki-laki datang dan masuk shaff (barisan) sementara nafasnya masih terengah-engah, lalu mengucapkan: (doa di atas)." Seusai shalat, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bertanya: "Siapakah diantara kalian yang mengucapkan kalimat tadi?" Para sahabat terdiam. Beliau mengulangi pertanyaannya, "Siapakah yang mengucapkan kalimat tadi, karena hal itu tidak masalah baginya." Lantas seorang sahabat berujar, "Aku tadi datang, sementara napasku masih terengah-engah, maka kuucapkan kalimat itu (maksudnya pendek dan ringkas)." Beliau bersabda: "Tadi aku melihat dua belas malaikat berebut mengangkat ucapan itu."


4.  Doa Istiftah 4

اَللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا، وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

Allaahu akbar kabiiroo, wal hamdulillaahi katsiiroo, wa subhaanallaahi bukrataw-wa ashiilaa.

Allah Maha Besar, Segala Puji bagi Allah, pujian yang banyak, Maha Suci Allah, baik waktu pagi dan petang.

HR. Muslim no. 943.

Dari Ibnu Umar dia berkata, "Ketika kami shalat bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, tiba-tiba seseorang mengucapkan: (doa di atas)." Lantas Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bertanya: "Siapakah yang mengucapkan kalimat tadi?" Seorang sahabat menjawab, "Saya wahai Rasulullah." Beliau bersabda, "Sungguh aku sangat kagum dengan ucapan tadi, sebab pintu-pintu langit dibuka karena kalimat itu." Kata Ibnu Umar, "Maka aku tak pernah lagi meninggalkannya semenjak aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengucapkan hal itu."



5.  Doa Istiftah 5

اَللَّهُ أَكْبَرُ (3×)، ذُو الْمَلَكُوتِ، وَالْجَبَرُوتِ، وَالْكِبْرِيَاءِ، وَالْعَظَمَةِ

Allaahu akbar (3x), dzul malakuuti, wal jabaruuti, wal kibriyaa-i, wal 'azhomah.

Allah Maha Besar (3x), yang memiliki kerajaan besar, kekuasaan, kebesaran, dan keagungan.

HR. Ath Thayalisi 56, Al Baihaqi 2/121-122.



6.  Doa Istiftah 6

اَللَّهُ أَكْبَرُ (10×)، اَلْحَمْدُ لِلَّهِ (10×)، سُبْحَانَ اللَّهِ (10×)، لاَ إِلَـٰهَ إلاَّ اللَّهُ (10×)، أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ (10×). اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ، وَاهْدِنِيْ، وَارْزُقْنِيْ، وَعَافِنِيْ (10×). اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الضِّيْقِ يَوْمَ الْحِسَابِ (10×)

Allaahu akbar (10x), Alhamdulillaah (10x), Subhanallaah (10x), Laa ilaaha illallaah (10x), Astaghfirullaah (10x). Allaahummaghfir lii, wahdinii, warzuqnii, wa 'aafinii (10x). Allaahumma innii a'uudzu bika minadh-dhiiqi yaumal hisaab (10x).

Allah Maha Besar (10x), Segala puji bagi Allah (10x), Mahasuci Allah (10x), tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah (10x), Aku memohon ampun kepada Allah (10x). Ya Allah, ampunilah aku, berilah petunjuk kepadaku, berilah rezeki kepadaku dan berilah kesehatan kepadaku (10x). Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari kesempitan pada hari penghisaban (perhitungan amalan) (10x).

HR. Ahmad 6/143 dan Ath-Thabarani dalam Al-Ausath 62/2, dari Aisyah, dengan sanad yang shahih sebagaimana dalam Ashlu Shifati Shalatin Nabi, 1/267.



7.  Doa Istiftah 7

وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ، حَنِيْفًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ، وَنُسُكِيْ، وَمَحْيَايَ، وَمَمَاتِيْ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَبِذَالِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ الْمَلِكُ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ أَنْتَ. أَنْتَ رَبِّيْ وَأَنَا عَبْدُكَ. ظَلَمْتُ نَفْسِيْ وَاعْتَرَفْتُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْلِيْ ذُنُوْبِيْ جَمِيْعًا، إِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ. وَاهْدِنِيْ لِأَحْسَنِ اْلأَخْلاَقِ، لاَ يَهْدِيْ لِأَحْسَنِهَا إِلاَّ أَنْتَ. وَاصْرِفْ عَنِّيْ سَيِّئَهَا، لاَ يَصْرِفُ عَنِّيْ سَيِّئَهَا إِلاَّ أَنْتَ. لَبَّيْكَ وَسَعْدَيْكَ، وَالْخَيْرُ كُلُّهُ بِيَدَيْكَ، وَالشَّرُّ لَيْسَ إِلَيْكَ. أَنَا بِكَ وَإِلَيْكَ. تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Wajjahtu wajhiya lilladzii fathoros-samaawaati wal ardhi, haniifan wa maa anaa minal musyrikiin. Inna sholaatii, wa nusukii, wa mahyaaya, wa mamaatii lillaahi robbil 'aalamiin, laa syariika lah. Wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiin. Allaahumma antal maliku laa ilaaha illaa anta. Anta robbii wa anaa 'abduk. Zholamtu nafsii wa'taroftu bidzanbii. Faghfir lii dzunuubii jamii'an, innahu laa yaghfirudz-dzunuuba illaa anta. Wahdinii li-ahsanil akhlaaqi, laa yahdii li-ahsanihaa illaa anta. Washrif 'annii sayyi-ahaa, laa yashrif 'annii sayyi-ahaa illaa anta. Labbaika wa sa'daika, walkhoiru kulluhu biyadaika, wasy-syarru laisa ilaik. Anaa bika wa ilaik. Tabaarokta wa ta'aalaita, astaghfiruka wa atuubu ilaik.

Aku hadapkan wajahku kepada Tuhan Pencipta langit dan bumi, dengan memegang agama yang lurus dan aku tidak termasuk orang-orang yang musyrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku adalah untuk Allah, Tuhan semesta alam, tiada sekutu bagiNya. Demikianlah aku diperintah dan aku termasuk orang-orang muslim. Ya Allah, Engkau adalah Raja, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau. Engkau Tuhanku dan aku adalah hambaMu. Aku menganiaya diriku, aku mengakui dosaku (yang telah kulakukan). Oleh karena itu ampunilah seluruh dosaku, sesungguhnya tidak akan ada yang mengampuni dosa-dosa, kecuali Engkau. Tunjukkan aku pada akhlak yang terbaik, tidak ada yang bisa menunjukkan kepadanya kecuali Engkau. Hindarkan aku dari akhlak yang buruk, tidak ada yang bisa menjauhkanku darinya kecuali Engkau. Aku penuhi panggilanMu, aku mohon pertolonganMu, seluruh kebaikan berada di kedua tanganMu, kejelekan tidak dinisbatkan kepadaMu. Aku hidup dengan pertolongan dan rahmatMu, dan kepadaMu (aku kembali). Maha Suci Engkau dan Maha Tinggi, aku minta ampun dan bertaubat kepadaMu.

HR. Muslim 1/534.

Doa ini biasa dibaca Rasulullah Shallallahu ’alaihi Wasallam dalam shalat fardhu dan shalat sunnah.



8.  Doa Istiftah 8

وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ، حَنِيفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ. إِنَّ صَلَاتِيْ، وَنُسُكِيْ، وَمَحْيَايَ، وَمَمَاتِيْ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، لَا شَرِيْكَ لَهُ. وَبِذَالِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ الْمَلِكُ لَا إِلَـٰهَ إِلَّا أَنْتَ. سُبْحَانَكَ وَبِحَمْدِكَ

Wajjahtu wajhiya lilladzii fathoros-samaawaati wal ardhi, haniifan musliman wa maa anaa minal musyrikiin. Inna sholaatii, wa nusukii, wa mahyaaya, wa mamaatii lillaahi robbil 'aalamiin, laa syariika lah. Wa bidzaalika umirtu wa anaa awwalul muslimiin. Allaahumma antal maliku laa ilaaha illaa anta. Subhaanaka wa bihamdik.

Aku hadapkan wajahku kepada Tuhan Pencipta langit dan bumi, dengan memegang agama yang lurus, muslim dan aku tidak termasuk orang-orang yang musyrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku adalah untuk Allah, Tuhan semesta alam, tiada sekutu bagiNya. Demikianlah aku diperintah dan aku termasuk orang-orang yang pertama menjadi muslim. Ya Allah, Engkau adalah Raja, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau. Mahasuci Engkau dan Maha Terpuji.

HR. An Nasa-i, 1/143. Dishahihkan Al Albani dalam Sifatu Shalatin Nabi 1/251.



9. Doa Istiftah 9

إِنَّ صَلَاتِيْ، وَنُسُكِيْ، وَمَحْيَايَ، وَمَمَاتِيْ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، لَا شَرِيْكَ لَهُ. وَبِذَالِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ. اَللَّهُمَّ اهْدِنِيْ لِأَحْسَنِ الْأَعْمَالِ وَأَحْسَنِ الْأَخْلَاقِ، لَا يَهْدِيْ لِأَحْسَنِهَا إِلَّا أَنْتَ. وَقِنِيْ سَيِّئَ الْأَعْمَالِ وَسَيِّئَ الْأَخْلَاقِ، لَا يَقِيْ سَيِّئَهَا إِلَّا أَنْتَ

Inna sholaatii, wa nusukii, wa mahyaaya, wa mamaatii lillaahi robbil 'aalamiin, laa syariika lah. Wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiin. Allaahummahdinii li-ahsanil a'maali wa ahsanil akhlaaqi, laa yahdii li-ahsanihaa illaa anta. Waqinii sayyi-al a'maali wa sayyi-al akhlaaqi, laa yaqii sayyi-ahaa illaa anta.

Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku adalah untuk Allah, Tuhan semesta alam, tiada sekutu bagiNya. Demikianlah aku diperintah dan aku termasuk orang-orang muslim. Ya Allah, tunjukkan aku pada amal yang terbaik dan akhlak yang terbaik, tidak ada yang bisa menunjukkan kepadanya kecuali Engkau. Jauhkan aku dari amal yang buruk dan akhlak yang buruk, tidak ada yang bisa menjauhkanku darinya kecuali Engkau.

HR. An Nasa-i 1/141, Ad Daruquthni 112.



10.  Doa Istiftah Ketika Shalat Malam 1

اَللَّهُمَّ رَبَّ جِبْرَائِيْلَ، وَمِيْكَائِيْلَ، وَإِسْرَافِيْلَ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ، أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيْمَا كَانُوْا فِيْهِ يَخْتَلِفُوْنَ. اِهْدِنِيْ لِمَا اخْتُلِفَ فِيْهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ تَهْدِيْ مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ

Allaahumma rabba jibroo-iil, wa miikaa-iil, wa isroofiil. Faathiros-samaawaati wal ardh. 'Aalimal ghoibi wasy-syahaadati. Anta tahkumu baina 'ibaadika fiimaa kaanuu fiihi yakhtalifuun. Ihdinii limakhtulifa fiihi minal haqqi bi-idznik. Innaka tahdii man tasyaa-u ilaa shirootim-mustaqiim.

Ya Allah, Tuhan Jibril, Mikail dan Israfil. Wahai Pencipta langit dan bumi. Wahai Tuhan yang mengetahui yang ghaib dan nyata. Engkau yang menjatuhkan hukum (untuk memutuskan) di antara hamba-hambaMu tentang apa yang mereka (orang-orang kristen dan yahudi) perselisihkan. Tunjukkanlah aku pada kebenaran dari apa yang dipertentangkan dengan seizin-Mu. Sesungguhnya Engkau menunjukkan pada jalan yang lurus bagi orang yang Engkau kehendaki.

HR. Muslim 1/534.

Doa istiftah ini sering dibaca Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam ketika shalat malam, namun tetap masyru' juga dibaca pada shalat wajib dan shalat yang lain.



11. Doa Istiftah Ketika Shalat Malam 2

اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ. أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ. وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ، وَقَوْلُكَ حَقٌّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ. أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ. لاَ إِلَـٰهَ إِلَّا أَنْتَ

Allaahumma lakal hamdu. Anta qoyyimus-samaawaati wal ardhi wa man fiihinn. Wa lakal hamdu laka mulkus-samaawaati wal ardhi wa man fiihinn. Wa lakal hamdu anta nuurus-samaawaati wal ardhi wa man fiihinn. Wa lakal hamdu anta malikus-samaawaati wal ardh. Wa lakal hamdu, antal haqq, wa wa'dukal haqq, wa liqoo-ukal haqq, wa qouluka haqq, wal jannatu haqq, wan-naaru haqq, wan-nabiyyuuna haqq, wa muhammadun shollallaahu 'alaihi wa sallama haqq, was-saa'atu haqq. Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa 'alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khooshomtu, wa ilaika haakamtu. Faghfir lii maa qoddamtu wa maa akh-khortu, wa maa asrortu wa maa a'lantu. Antal muqoddimu wa antal mu-akh-khiru. Laa ilaaha illaa anta.

Ya Allah, bagiMu segala puji. Engkau pemelihara langit dan bumi serta yang ada di dalamnya. BagiMu segala puji, bagiMu kerajaan langit dan bumi serta yang ada di dalamnya. BagiMu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta yang ada di dalamnya. BagiMu segala puji, Engkau penguasa langit dan bumi. BagiMu segala puji, Engkau benar, janjiMu benar, pertemuan denganMu adalah benar, firmanMu benar, adanya Surga adalah benar, adanya Neraka adalah benar, adanya para nabi adalah benar, nabi Muhammad adalah benar, adanya Kiamat adalah benar. Ya Allah, kepadaMu aku berserah diri, kepadaMu aku beriman, kepadaMu aku bertawakal, kepadaMu aku bertaubat, kepadaMu aku mengadu, kepadaMu aku berhukum. Maka ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang, yang aku lakukan sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan. Engkaulah Al Muqoddim (Dzat yang Terdahulu) dan Al Muakhir (Dzat yang Paling Akhir). Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau.

HR. Bukhari 2/3, 2/4, 11/99, 13/366-367, 13/399, Muslim 2/184.

Doa istiftah ini sering dibaca Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam ketika shalat malam, namun tetap masyru' juga dibaca pada shalat wajib dan shalat yang lain.


12.  Doa Istiftah Ketika Shalat Malam 3

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، وَتَبَارَكَ اسْمُكَ، وَتَعَالَى جَدُّكَ، وَلاَ إِلَـٰهَ غَيْرُكَ، لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ اللَّهُ (3×)، اَللَّهُ أَكْبَر كَبِيْرًا (3×)

Subhaanakallaahumma wa bihamdika, wa tabaarokasmuka, wa ta'aalaa jadduka, wa laa ilaaha ghairuka. Laa ilaaha illallaah (3x). Allaahu akbar kabiiroo (3x).

Maha Suci Engkau ya Allah, aku memujiMu, Maha Berkah akan nama-Mu, Maha Tinggi kekayaan dan kebesaranMu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau. Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah (3x). Allah Maha Besar (3x).

HR. Abu Dawud no. 775 dari Abu Sa’id Al-Khudri. Dishahihkan dalam Shahih Abi Dawud.

Dibagikan melalui aplikasi "Apa Doanya". Tersedia untuk Android, BlackBerry 10, Windows Phone/Desktop, Windows 10, Nokia X, Firefox OS dan BlackBerry OS 6-7. Unduh di http://wp.me/p3ieiY-b


0 komentar:

 
Top